1.PK Plumbing Sanitary
2.PK Plumb Sanitari.pdf
Token : HNTYU
28 Ags 2018 19:20:00 (120 menit)
Merupakan hal yang wajar jika calon pelanggan Anda perlu tahu seberapa banyak Anda peduli, dan mereka juga ingin tahu bahwa Anda memiliki kompetensi untuk memandu, memberi arah, merekomendasikan, atau memilihkan options terbaik untuk mereka, berkaitan dengan produk dan jasa yang Anda Jual. product knowledge adalah kebutuhan penting dalam bisnis Anda jika ingin berhasil dalam berkompetisi dan memperoleh kepuasan pelanggan.
Sebenarnya apa sih pengertian product knowledge? Dan mengapa hal tersebut begitu penting dalam dunia bisnis manapun?
Menurut Rao dan Sieben yang dikutip dalam Waluyo dan Pamungkas (2003), definisi product knowledge adalah cakupan seluruh informasi akurat yang disimpan dalam memori konsumen yang sama baiknya dengan persepsinya terhadap pengetahuan produk. Sedangkan menurut Beatty dan Smith yang dikutip dalam Lin dan Lin (2007), mendefinisikan product knowledge sebagai konsumen memiliki persepsi terhadap tertentu produk, termasuk pengalaman sebelumnya menggunakan produk tersebut.
Pengetahuan atas produk jelas sangat dibutuhkan pelaku bisnis sebagai modal utamanya dalam aktifitas bisnisnya. Semakin dalam pengetahuan atas produk yang dijual akan memudahkan dalam proses pemasaran produk ke pelanggan. Dan hal yang perlu diingat kunci suksesnya adalah menghubungkan produk dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan.
Product knowledge adalah salah satu elemen dari pelayanan yang baik, karena bagaimana kita bisa memberikan pelayanan terbaik jika kita tidak mengetahui keunggulan atau kekurangan produk Anda. Pelanggan akan merasa Anda tidak berkompeten karena tidak bisa memberikan masukan dan saran terbaik dalam menggunakan produk Anda sendiri. Apalagi jika pelanggan sedang memiliki masalah dengan produk kita tentu membutuhkan solusi terbaik dari kita, akibatnya pelanggan kecewa. Product knowledge adalah kebutuhan penting setiap pelaku bisnis jika ingin berhasil dalam berkompetisi dan memperoleh kepuasan pelanggan.
Sebagai pelaku bisnis yang berorientasi pada kepuasaan pelanggan, harus sadar bahwa tugas untuk memberikan pelayanan terbaik tidak hanya merupakan tanggung jawab orang-orang pemasaran dan customer service saja, tapi merupakan tanggung jawab setiap bagian dari bisnis. Oleh karena itu pelaku bisnis harus sering melakukan refreshment training terkait product knowledge dan pemahaman pelayanan, tujuannya agar setiap bagian menguasaai pengetahuan sebagai amunisi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.
Dengan peningkatan pengetahuan dan pemahaman makna service setiap waktu diharapkan pelayanan kepada pelanggan juga meningkat. Hal ini tentu saja berpengaruh dalam meningkatkan keuntungan dari bisnis yang kita jalankan.
No comments:
Post a Comment